Sunday, May 22, 2016

Pengertian dan Penyebab Penyakit - Pengertian Penyakit Endometriosis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan- TodaysDandy

Pengertian dan Penyebab Penyakit - Pengertian Penyakit Endometriosis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan- TodaysDandy - Hallo Sobat TodaysDandy, Pada sharing artikel kesehatan kali ini yang berjudul Pengertian dan Penyebab Penyakit - Pengertian Penyakit Endometriosis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan- TodaysDandy, kami telah menyediakan secara lengkap mengenai beragam pengertian, penyebab / gejala penyakit serta langkah-langkah cara pengobatan penyakit secara tradisional maupun medis. Dengan ini mudah-mudahan apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat. Artikel di blog TodaysDandy ini bersumber dari berbagai media kesehatan online terpercaya. Semoga menjadi bahan referensi anda dalam memahami suatu penyakit baik dari segi pengertian, penyebab serta cara mengobatinya secara tepat.

Pembahasan : Pengertian dan Penyebab Penyakit - Pengertian Penyakit Endometriosis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan- TodaysDandy
Judul Artikel : Pengertian dan Penyebab Penyakit - Pengertian Penyakit Endometriosis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan- TodaysDandy

lihat juga


Pengertian dan Penyebab Penyakit - Pengertian Penyakit Endometriosis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan- TodaysDandy

Artikel pengertian penyakit,
Pengertian Penyakit Endometriosis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan
Endometriosis (photo:abc.net.au)
Pengertian Penyakit Endometriosis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan. Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormon estradiol/estrogen berupa pertumbuhan jaringan endometrium yang disertai perambatan pembuluh darah, hingga menonjol keluar dari rahim (pertumbuhan ectopic) dan menyebabkan pelvic pain. Endometriosis adalah penyakit  kelainan yang menyerang sistem reproduksi wanita. Penyakit ini muncul ketika jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim.

Penyakit Endometriosis ini terkamsud dalam golongan yang tidak mematikan.

Gejala

Gejala endometriosis yang paling sering terasa adalah sakit yang parah saat menstruasi. Selain itu, penderita juga bisa mengalami pendarahan yang berlebihan saat menstruasi dan rasa sakit saat buang air besar serta kecil. Gejala-gejala endometriosis umumnya terasa paling parah sebelum dan selama siklus menstruasi berlangsung. Namun dalam beberapa kasus kadang tidak ditemukan gejala sama sekali.

Berikut gejala umumnya:
  1. Nyeri di perut bagian bawah dan di daerah panggul
  2. Menstruasi yang tidak teratur (misalnya spotting sebelum menstruasi)
  3. Kemandulan
  4. Dispareunia (nyeri ketika melakukan hubungan seksual).
  5. Jaringan endometrium yang melekat pada usus besar atau kandung kemih bisa menyebabkan pembengkakan perut, nyeri ketika buang air besar, perdarahan melalui rektum selama menstruasi atau nyeri perut bagian bawah ketika berkemih.
  6. Jaringan endometrium yang melekat pada ovarium atau struktur di sekitar ovarium bisa membentuk massa yang terisi darah (endometrioma). Kadang endometrioma pecah dan menyebabkan nyeri perut tajam yang timbul secara tiba-tiba.



Penyebab dan Faktor Risiko

Penyebab tumbuhnya jaringan endometrium di luar rahim belum diketahui secara pasti, tapi kadar hormon estrogen yang tinggi terbukti dapat memperparah kondisi ini. Karena itu, endometriosis umumnya menyerang wanita di usia produktif.

Tiap bulan, tubuh wanita akan melepaskan hormon yang memicu penebalan dinding rahim atau endometrium dan bersiap menerima sel telur yang sudah dibuahi. Jika tidak terjadi kehamilan, dinding rahim akan luruh dan keluar dari tubuh dalam bentuk menstruasi.

Endometriosis terjadi saat jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Jika Anda mengidap endometriosis, jaringan tersebut juga mengalami proses penebalan dan luruh yang sama dengan siklus menstruasi. Tetapi darah di luar rahim akhirnya mengendap dan tidak bisa keluar karena terletak di luar rahim. Endapan tersebut beserta dengan jaringan di sekitarnya akan mengalami iritasi. Lama-kelamaan, jaringan parut atau bekas iritasi pun terbentuk.

Faktor risiko

Beberapa faktor risiko selain estrogen yang diduga sebagai pemicunya, yaitu faktor keturunan, pengaruh infeksi panggul yang pernah diidap, serta keabnormalan pada rahim.

Pengobatan

Belum diketahui pasti penyebab dari penyakit ini, langkah penanganan endometriosis yang pasti juga belum ada. Tujuan pengobatannya adalah untuk mengurangi gejala agar tidak mengganggu rutinitas sehari-hari.

Berikut pilihan pengobatan untuk endometriosis:
  1. Obat-obatan yang menekan aktivitas ovarium dan memperlambat pertumbuhan jaringan endometrium
  2. Pembedahan untuk membuang sebanyak mungkin endometriosis
  3. Kombinasi obat-obatan dan pembedahan
  4. Histerektomi, seringkali disertai dengan pengangkatan tuba falopii dan ovarium.
Sumber :
http://www.alodokter.com/endometriosis/ diakses tanggal 19 juni 2015
https://id.wikipedia.org/wiki/Endometriosis diakses tanggal 19 juni 2015


Demikianlah Artikel Pengertian dan Penyebab Penyakit - Pengertian Penyakit Endometriosis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan- TodaysDandy

Sekian Pengertian dan Penyebab Penyakit - Pengertian Penyakit Endometriosis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan- TodaysDandy, semoga dapat memberikan manfaat untuk para pembaca setia blog TodaysDandy semua. baiklah, Cukup sekian dan termakasih.

Anda sedang membaca artikel Pengertian dan Penyebab Penyakit - Pengertian Penyakit Endometriosis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan- TodaysDandy dan url permalink dari artikel di atas adalah http://todaysdandy.blogspot.com/2016/05/pengertian-dan-penyebab-penyakit_44.html Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tag : ,

0 comments:

Post a Comment